Pengertian Virus Korona dan Bagaiman Covid-19 Menular

Pengertian Virus Korona dan Bagaiman Covid-19 Menular
Pengertian Virus Korona dan Bagaiman Covid-19 Menular

Sebagai warga negara Indonesia tentu saat ini juga harus waspada terhadap penyebaran virus korona. Secara resmi sudah ada 2 pasien yang teridentifikasi dan masih dalam pengobatan. Berikut beberapa wawasan dasar tentang virus corona.

Pengertian

Virus korona adalah sebutan untuk jenis virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan dan manusia. Disebut korona karena bentuknya yang seperti mahkota (korona ~ crown = mahkota dalam bahasa Latin). 

Beberapa contoh penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus korona antara lain MERS (Sindrom Pernafasan Timur Tengah) dan SARS (Sindrom Pernafasan Akut Parah). 

Virus korona terbaru yang ditemukan yang ditemukan di Wuhan, Tiongkok, pada bulan Desember 2019 diberi nama SARS Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) dan menyebabkan penyakit Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Apa bedanya dengan COVID-19?

COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus korona SARS-CoV-2. Dengan kata lain, SARS-CoV-2 adalah nama virusnya, sementara COVID-19 adalah nama penyakitnya. Ini seperti HIV yang adalah nama virus dari penyakit AIDS.

Bagaimana COVID-19 menular?

Penularan terjadi melalui droplet (butir-butir tetesan cairan) dari hidung atau mulut yang menyebar saat pembawa virus COVID-19 batuk, bersin atau meler. Tetesan cairan tersebut akan menempel pada benda atau permukaan di sekitarnya. Dan kemudian masuk ke mulut, hidung atau mata. Atau menyentuh permukaan bekas terkena butir cairannya dengan tangan lalu tangan mengusap mulut, hidung atau mata. Inilah alasan pentingnya sering-sering cuci tangan dan jangan menyentuh muka dengan tangan.

Orang sehat dapat tertular saat tangan mereka menyentuh permukaan yang terkena tetesan tersebut dan kemudian tanpa sadar menyentuh mata, mulut, ataupun hidung (selaput lendir). Virus juga bisa masuk saat orang sehat secara tidak sengaja menghirup tetesan cairan saat si pembawa virus batuk atau bersin.

Kita harus bagaimana? 

  1. Rajinlah mencuci tangan dengan sabun atau pembersih tangan berbasis alkohol minimal 60%
  2. Jaga jarak dengan orang yang tampak sakit sepanjang kurang lebih 1 meter. 
  3. Jika sakit, pastikan untuk tidak menyebarkan virus ke orang lain dengan mengurangi bepergian. Ketika keluar rumah, pakailah masker. Jika bersin, tutup mulut dan hidung dengan tisu dan buang tisunya sesegera mungkin. 

Sumber : kawalcovid19

Semoga bermanfaat “Pengertian Virus Korona dan Bagaiman Covid-19 Menular,”

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *