Pengertian Reboisasi Adalah

Pengertian Reboisasi Adalah
Pengertian Reboisasi Adalah

Pengertian Reboisasi adalah proses penanaman kembali hutan kembali secara terstruktur yang sudah gundul atau tandus, tindakan reboisasi ini terdiri dari penanaman hutan gundul karena penebangan atau bencana alam. Dilakukan oleh pemerintah, instansi dan masyarakat yang peduli.

Tujuan reboisasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas makhluk hidup, terutama manusia, dengan kualitas peningkatan sumber daya alam. Dengan kembalinya fungsi hutan, tentu dapat menghindari polusi udara ke lingkungan hidup, kembalinya ekosistem dan reboisasi dapat memerangi pemanasan global.

Indonesia sendiri merupan negara dengan predikat paru-paru dunia. Dimana memiliki hutan yang sangat luar tersebar di Kalimantan, Sulawesi dan berbagai pulau lainnya.

Sementara itu produk industri kayu yang dihasilkan dari hutan Indonesia terus menerus dilakukan. Tanpa adanya reboisasi maka hal ini akan merusak habitat sekaligus paru-paru dunia.

Peraturan Pemerintah Terkait Reboisasi

Karena pentingnya reboisasi ini, maka tidak lepas dari peran pengawasan serta legislasi dari pemerintah. Salahsatunya yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2002 tentang dana reboisasi

Dana Reboisasi adalah dana untuk reboisasi dan rehabilitasi hutan serta kegiatan pendukungnya yang dipungut dari Pemegang Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan dari hutan alam yang berupa kayu.
Rehabilitasi hutan dan lahan adalah upaya untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan sehingga daya dukung, produktifitas dan peranannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga.
Daerah Aliran Sungai adalah suatu daratan yang merupakan suatu kesatuan ekosistem dengan sungai dan anak sungai yang melalui daerah tersebut yang fungsinya untuk menampung air yang berasal dari hujan dan sumber-sumber air lainnya, penyimpanan serta pengalirannya bermuara ke laut secara alamiah untuk kelestarian daerah tersebut.
Reboisasi adalah upaya penanaman jenis pohon hutan pada kawasan hutan rusak yang berupa lahan kosong, alang-alang atau semak belukar untuk mengembalikan fungsi hutan.
Penghijauan adalah upaya pemulihan lahan kritis diluar kawasan hutan secara vegetatif dan sipil teknis untuk mengembalikan fungsi lahan.
Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu (IUPHHK) dari hutan alam adalah izin untuk kegiatan penanaman, pemeliharaan, pemanenan, pengolahan dan pemasaran hasil hutan kayu.
Hutan alam adalah suatu lapangan yang bertumbuhan pohon-pohon alami yang secara keseluruhan merupakan persekutuan hidup alam hayati beserta alam lingkungannya.
Laporan Hasil Cruising (LHC) adalah dokumen yang disahkan petugas kehutanan yang berwenang yang memuat nomor pohon, jenis, diameter, tinggi dan taksiran volume kayu dari hasil cruising di areal yang telah ditetapkan.
Tebang Pilih Tanam Indonesia (TPTI) adalah sistem silvikultur yang meliputi cara penebangan dengan batas diameter dan permudaan hutan.
Tebang Habis Permudaan Buatan (THPB) adalah sistem silvikultur yang meliputi cara penebangan habis dengan permudaan buatan.
Laporan Hasil Penebangan (LHP) kayu adalah dokumen yang disahkan oleh instansi kehutanan yang memuat nomor batang, jenis, diameter, panjang, dan volume hasil penebangan di areal yang telah ditetapkan.
Surat Perintah Pembayaran Dana Reboisasi (SPPDR) adalah dokumen yang memuat besarnya kewajiban Dana Reboisasi yang harus dibayar oleh Wajib Bayar.
Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP) adalah bukti pembayaran kewajiban Wajib Bayar kepada negara ke Kas Negara antara lain Dana Reboisasi.
Wajib Bayar adalah pemegang Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan yang mempunyai kewajiban membayar Dana Reboisasi kepada pemerintah atas sejumlah kayu bulat dan atau bahan baku serpih yang diproduksi dari hutan alam negara.
Rekening Pembangunan Hutan adalah rekening penampungan Dana Reboisasi untuk membiayai kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan menggunakan sistem pinjaman dan dikelola dengan sistem dana bergulir.
Menteri adalah Menteri Keuangan Republik Indonesia.
Menteri Teknis adalah Menteri yang bertanggung jawab di bidang kehutanan.
Departemen Teknis adalah instansi pusat yang menangani bidang kehutanan.
Dinas Teknis adalah instansi yang menangani bidang kehutanan di Daerah Propinsi atau Daerah Kabupaten/Kota.

Demikian sedikit ulasan “Pengertian Reboisasi Adalah,” semoga bermanfaat

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *