Categories
Artikel

Desa Impian dan Ideal Tahun 2020 Versi InfoDesa

Selamat pagi semua pembaca infodesa dimanapun berada. Sebagai warga Indonesia yang baik kami juga punya impian dan harapan besar kepada kemajuan desa.

Kami bukan perangkat, pegawai pemerintah atau lembaga yang bekerja untuk desa. Kami hanyalah masyarakat digital yang berharap tulisannya dibaca oleh pihak yang berwenang.

Berikut beberapa impian dan idealita untuk pembangunan desa di Indonesia tahun 2020 versi infodesa.

  1. Memiliki Pemimpin Yang Sejahtera

Bayangkan kepala desa adalah orang yang paling kaya dan sejahtera di desa tersebut. Masyarakat sudah terbiasa menerima manfaat kepada pemimpin ini, tidak khawatir ada penyelewengan dana desa. Dan tentunya seluruh jajarannya juga orang-orang yang sejahtera. Dan tentunya tidak adalagi yang merasa terdzolimi bahkan kelaparan gara-gara kepala desa disana

2. Menyediakan Pelayanan Puskesdes Plus

Sudah biasa di desa ada puekesmas, tetapi layanan kesehatan yang gratis dan setingkat Rumah Sakit baru ideal dan impian semua masyarakat. Tidak adalagi masyarakat yang terlantar bahkan berpenyakit yang tidak bisa berobat. Kalaupun belum bisa setidaknya bisa menjadi fasilitator warganya utntuk memperoleh kesehatan yang layak di RS.

3. BUMDes Milik masyarakat

Dibeberapa wilayah BUMDes menjadi sarana yang sangat subur untuk menghasilkan uang dan pendapatan untuk usaha desa, karena memang berbagai potensi sekarang sudah bisa diakses melalui dana desa yang nilainya setiap tahun terus meningkat.

Jangan sampai terjadi hanya beberapa perangkat BUMDes saja yang menikmati keuntungan, kesejahteraan harus bisa melibatkan masyarakat seluas-luasnya.

4. Anak Mudanya Rela Bekerja di Desa

Memberikan lapangan kerja seluas-luasnya, dan memudahkan akses perijinan serta modal dan pasar. Menjadi daya tarik tersendiri bagi generasi anak muda.

Kelangkaan petani muda bisa segera diatasi, bahkan sektor kreatif lainnya bisa diisi oleh anak-anak muda yang memiliki ide dan gagasan yang luar biasa.

Mereka tidak lagi berambisi kerja di kota besar hanya untuk menjadi buruh atau karyawan.

5. Maraknya Kegitan Warga

Kegiatan positif warga semakin semarak, bukan kegiatan balai desa saja. Warga merasa memiliki desanya. Acara Positif seperti pengajian, sambung rasa, siskampling, olahraga bisa berjalan dengan lancar tidak ada halangan.

Demikian sedikit harapan dan impian dari kami, setidaknya menggunakan dana desa sesuai dengan peruntukannya sudah membuat kita behagia, jangan ada kepala desa atau perangkatnya dipenjara gegara mengambil yang bukan haknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *