Categories
Artikel

Contoh Proposal Permohonan BUMDES Usaha ATK & Alat Sekolah

Contoh Proposal Permohonan BUMDES Usaha ATK & Alat Sekolah

Setelah melaksanakan seluruh prosedur pendirian BUMDesa dengan melibatkan partisipasi warga maka tantangan BUMDesa selanjutnya adalah menentukan unit usaha sebagai inti dari pemberdayaan lembaga ini. Penentuan unit usaha bukan sebuah keputusan yang bisa diambil secara sepihak tanpda adanya musyawarah dan mempertimbangan banyak pertimbangan.

Sebuah usaha bakal menjadi pilihan BUMDesa dengan beberapa ketentuan, salah satunya tidak boleh mematikan usaha milik perseorangan warga desa yang telah berjalan. Tapi justru sebaliknya bisa menjadi solusi bagi permasalahan desa tersebut.

Usaha BUMDesa juga harus berbasis potensi lokal desa itu karena BUMDesa lahir sebagai lembaga yang akan mengolah potensi BUMDesa dan bukan lembaga swasta ekonomi yang hanya beorientasi profit semata. Dalam kesempatan ini kita mencoba mengangkat potensi desa yang didalamnya terdapat lembaga pendidikan, yaitu usaha menjual alat tulis kantor (ATK) dan juga perlengkapan sekolah.

 

Berikut contohnya 

DAFTAR ISI

RINGKASAN EKSEKUTIF

  • Tujuan Rencana Usaha
  • Alasan Berbisnis
  • Ringkasan Pokok Utama Perencanaan Bisnis
  • Identifikasi Kebutuhan

PROFIL PERUSAHAAN

  • Pernyataan Misi
  • Deskripsi Usaha
  • Profil Management
  • Tinjauan Industri

 

TINJAUAN PASAR

  • Riset pasar
  • Rencana Pemasaran
  • Proses Penjualan dan Strategi

TINJAUAN KEUANGAN

  • Tujuan Keuangan
  • Biaya Awal
  • Sumber-sumber Pembiayaan
  • Asumsi Penjualan Selama Tahun Pertama
  • Analisis Break-Even Point
  • Catatan untuk Laporan Keuangan
  • Proyeksi Cash Flow untuk Tahun 1 dan 2
  • Laporan Pendapatan (Akhir Tahun) Untuk Tahun 1 dan 2
  • Neraca Keuangan (Akhir Tahun) untuk Tahun 1 dan 2
  • Alasan Proyeksi Tahun Ke-2

ORGANISASI

  • Bentuk Usaha
  • Peran/Bantuan Teknis/Mitra
  • Obligasi Hukum
  • Asuransi
  • Perbankan

PELAKSANAAN

  • Pendirian Fisik
  • Perlengkapan dan Sistem Komunikasi
  • Jam-Jam Beroperasi
  • Produksi/Pengolahan
  • Pemasok dan Syarat
  • Pengawasan Inventaris
  • Kepegawaian
  • Sistem Pencatatan

RENCANA AKSI STRATEGIS

  • Tinjauan Kegiatan
  • Bagan

KESIMPULAN

  • Ringkasan/Tujuan
  • Visi Kedepan

LAMPIRAN

  • Daftar isi
  • Dokumentasi
  • Contoh Kerja
  • Contoh Alat Usaha
  • Riset Pasar
  • Kepegawaian

RINGKASAN EKSEKUTIF

Tujuan dari Rencana Ini
Jasa Fotocopy dan ATK adalah suatu usaha yang tidak bisa lepas dari kebutuhan Pelajar, Pegawai serta masyarakat umum. Perkembangan Usaha Fotocopy dan ATK akan Meningkat seiring peningkatan yang pesat Di dunia Pendidikan dan perkantoran yang membuat usaha ini semakin di cari dan dibutuhkan di pasar. Adapun rencana usaha ini dibuat sebagai informasi bagi para client, bahwa kami menyediakan jasa Fotocopy & ATK terlengkap yang ada di lokasi itu dengan pelayanan yang memuaskan.

Alasan Berbisnis
Di tengah sulitnya mencari lowongan pekerjaan, alternatif lain adalah dengan membuka sendiri lowongan pekerjaan tersebut. Selain bisa membantu menambah pendapatan diri sendiri, dengan membuka sebuah pekerjaan baru berarti ikut serta memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mendapatkan pekerjaan. Dan tentunya usaha ini tidak lepas dari keinginan untuk melayani kebutuhan mahasiswa dan masyarakat akan alat tulis kantor, jasa fotocopy, laminating dan penjilidan. Tujuan utama adalah memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk mencoba memulai sebuah bisnis dan memberikan lowongan pekerjaan bagi orang lain. Selain itu bisnis tersebut masih dapat dijalankan sambil menyelesaikan studi di perguruan tinggi.

Ringkasan Pokok Utama Untuk Perencanaan Bisnis
Kapan usaha tersebut akan menguntungkan ?
Kapan saja usaha ini dapat menguntungkan karena besarnya permintaan pasar terhadap alat ini, terlebih lagi jika setiap harinya muncul beragam inovasi produk Alat Tulis Kantor yang baru dengan tampilan-tampilan yang menarik ,sehingga jumlah permintaannya pun semakin menunjukkan peningkatan yang cukup besar. Bisnis ini memiliki banyak keuntungan yaitu kondisi barang relatif baik (jarang ada yang rusak),awet tidak kena expired date seperti bisnis makanan,dan juga barang tidak mudah rusak.

Siapa klien utama atau supplier penting?
Client utama dalam usaha ini yaitu Masyarakat umum secara umum dan Pelajar dan Pegawai secara khusus

Apakah ada peristiwa atau acara khusus?
Peristiwa khusus yaitu seperti pada saat penerimaan Siswa dan Mahasiswa baru, dengan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pembeli sehingga ia akan datang kembali.

Kejadian yang penting akan terlihat?
Kejadian yang penting akan terlihat ketika pergantian tahun ajaran baru,karena semua yang diperlukan siswa dan mahasiswa baru semua ada dan lengkap di toko Alat Tulis Kantor seperti buku,pulpen,pensil dan sebagainya.

Identifikasi Kebutuhan
Usaha Jasa Fotocopy & ATK membutuhkan modal yang tidak Kecil sehingga kami membutuhkan pinjaman. Adapun usaha ini tidak selamanya berada di atas, elama berada pada posisi yang tidak menguntungkan kami juga akan membutuhkan pembiayaan terutama dari suplier kami untuk mempertahankan bisnis ini.

PROFIL BUMDes

Pernyataan Misi

  • Memasarkan produk-produk Alat Tulis Kantor.
  • Mencapai standar kualitas tertinggi pada layanan konsumen dan memuaskan.
  • Menyediakan layanan untuk semua jenis Alat Tulis Kantor.

Deskripsi Usaha
Apa yang Anda lakukan?
Menjual berbagai produk,sarana dan sistem yang diperlukan untuk kegiatan perkantoran dan bisnis.

Bagaiman Anda melakukannya?
Dengan memasarkan produk berupa sarana dan peralatan kantor diberbagai cabang besar di tanah air.

Kepada siapa Anda menjual?
Kepada para pelajar,pegawai kantor, Pegawai negri dan kepada masyarakat umum.

Apa yang membuat Anda berbeda?

Dimana usaha tersebut berjalan?
Usaha ini didirikan didaerah Kalosi, Kab. Enrekang dimana daerah tersebut masihjarang yang mengelola usaha yang sejenis dan adapun yang mengelola usaha tersebut perlengkapan ATK yang mereka tawarkan tidak terlalu lengkap

Apa tujuan usaha Anda?

  • Memenuhi kebutuhan masyarakat
  • Membantu masyarakat dalam hal untuk mencatat laporan-laporan
  • Memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal pendidikan,perkantoran dll,dan
  • Memperoleh keuntungan dari penjualan Alat Tulis Kantor.

Profil Manajemen.

Kami mengenal Usaha Fotocopy dan ATK semenjak duduk di bangku sekolah karna kebutuhan Fotocopy dan ATK sangat dibutuhkan dan itu membuat kami berfikir untuk menjadikan usaha ini sebagai lahan bisnis yang sangat menguntungkan.

Tinjauan Industri.

Kebutuhan akan produk ATK dan Jasa Fotocopy akan selalu diperlukan dan dibutuhkan orang seiring dengan perkembangan dunia pendidikan dan perkantoran yang semakin pesat membuat kebutuhan terhadap ATK dan jasa Fotocopy semakin dicari di pasar dan usaha ini akan terus berkembang mengingat kebutuhan akan hal ini yang tidak akan pernah berhenti dan hal ini berpengaruh besar terhadap usaha kami di masa mendatang. Disamping lokasi yang kami pilih sangat strategis yaitu dekat dengan beberapa Sekolah dan Kantor, meskipun ada beberapa pesaing-pesaing yang menggeluti usaha yang sama tapi biasanya mereka hanya memiliki 1 atau 2 alat saja dan produk ATK mereka tawarkan tidak lengkap sehingga tidak jarang mengecewakan pelanggan. Adapun dalam melakukan promosi mereka hanya mengandalkan penyebaran dari mulut ke mulut.

TINJAUAN PASAR
Riset Pasar
Target Pasar
Target pasar kami adalah seluruh kalangan masyarakat mulai dari mahasiswa, pegawai,karyawan serta masyarakat umum dari semua kalangan baik masarakat menengah atas sampai masyarakat menengah bawah namun sebagai permulaan dalam menjalankan usaha ini kami membidik pasar yang memiliki nilai kepastian dan tingkat pertumbuhan yang tinggi yaitu Pelajar, PNS, dll.

Analisis Persaingan
Strategi Pesaing;

1). Produk

Hampir semua toko ATK menyediakan ATK tidak begitu lengkap dan hanya fokus pada penyedia jasa fotocopy saja. Adapun tiap toko memiliki kelebihan masing-masing mulai dari kecepatan pelayanan yang bagus, adanya fasilitas penunjang seperti laminating dan jilid, hingga ada yang hanya sekedar buka saja tanpa memperhatikan pelayanan, produk dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

2). Harga

Harga dari tiap toko relative sama, tidak jauh berbeda. Untuk fotocopy berkisar antara Rp. 125 – Rp. 150/ halaman, begitu juga ATK tidak terlalu ada persaingan di harga, persaingan lebih terlihat pada pelayanannya.

3). Promosi

Hampir semua toko tidak melakukan promosi untuk produk dan usahanya, mereka hanya mengandalkan berita dari mulut ke mulut dan lokasi yang berada di pinggir jalan.

Analisis Pesaing

No. Uraian Perusahaan Perusaan Pesaing
A B C
1 Harga Jual Rendah Rendah Rendah Rendah
2 Mutu Produk Baik Kurang Baik Baik Baik
3 Kemasan
4 Promosi Baik Kurang Baik Kurang Baik Cukup Baik
5 Merk
6 Potongan penjualan 5% Tidak ada Tidak ada Tidak ada
7 Bentuk pembayaran Tunai Tunai Tunai Tunai
8 Pelayanan Lebih Baik Baik Baik Kurang Baik

Ukuran Pasar

  • Rencana Pemasaran
  • Kemasan Produk atau Jasa
  • Produk yang kami tawarkan

Jenis produk yang dipasarkan adalah berbagai alat tulis kantor yang dibutuhkan oleh mahasiswa, karyawan, masyarakat umum, dan instansi di kawasan pendidikan Kalosi. Dan juga jasa berupa Fotocopy, Jilid, Print dan Laminating.

Analokasi Usaha

Setelah melakukan berbagai pertimbangan, lokasi yang menjadi tempat usaha kami yaitu Jl. Ahmad yani Km 272Kec. Alla Kab. Enrekang. Dimana daerah ini dinilai cukup strategis karena berada dipinggir jalan dimana banyak orang yang lalu-lalang dan terletak diantara SMK 1 , SMP 1 Alla, Mts Aliyyah, Mts Sanawiyyah dan Tk asyiah selain itu belum terlalu banyak usaha sejenis di sekitar daerah tersebut.

Penetapan Harga dan Biaya
Harga Fotocopy per lembar :

Harga kertas per lembarnya
1 rim = Rp. 35.000,-

1 rim = 500 lembar

= Rp 35.000,- / 500 = Rp. 70 per lembar

Toner = Rp. 150.000,-
1 toner = 10.000 lembar

= Rp. 150.000,- / 10.000 = Rp. 15

Listrik = Rp. 500.000,-
Listrik per bulan = 75.000 lembar

= Rp. 500.000,- / 75.000 = Rp. 7

Tenaga kerja = Rp. 2.600.000
= Rp. 2.600.000,- / 75.000 = Rp. 35

Penyusutan = Rp. 764.042,-
= Rp. 764.042,- / 75.000 = Rp. 10

Total Biaya Per lembar = Rp. 70+ Rp. 15+ Rp. 7+ Rp. 35+ Rp. 10

= Rp. 137 = Rp. 150 per lembar.

Harga Print per lembar :

Hitam Putih = Rp. 300 per lembar
Warna = Rp. 700 perlembar
Diperoleh berdasarkan perhitungan yang seperti di atas.

Harga ATK menyesuaikan dengan harga pasar.

Rencana Promosi untuk Masing-masing Produk dan Jasa
Promosi yang akan kami gunakan untuk kelangsungan perkembangan usaha kami yaitu selain melakukan promosi dari mulut ke mulut tapi juga promosi dengan penyebaran brosur, poster, flyer yang akan disebarkan di kawasan yang menjadi sasaran kami, selain itu kami akan melakukan kerjasama dengan institusi dan sekolah-sekolah sekitar dan ikut menjadi sponsor dalam suatu acara-acara.

Kemasan

Produk akan ditampilkan dan ditata dengan rapi sehingga pelanggan akan tertarik dan merasa nyaman dengan tempat usaha.
Dampak lingkungan yang ditumbulkan yaitu limbah sampah kertas yang dapat di daur ulang.
Usaha ini sangat bermanfaat untuk membantu kebutuhan Pelajar,pegawai dan masyarakat terhadap jasa usaha fotocopy dan ATK
Peraturan pemerintah:
Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan , merek dan logo Usaha ini akan di usulkan ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Proses Penjualan dan Srategi
Produk/Jasa
Produk yang akan kami tawarkan adalah segala jenis alat tulis kantor yang terlengkap di daerah tersebut disamping itu kami juga menawarkan jasa fotocopy, print (hitam-putih dan berwarna) dengan hasil copy dan print yang bagus.

Harga
Kami akan menyesuaikan dengan harga pasar, hanya saja untuk fotocopy dan print kami akan memberikan diskon pada even-event tertentu kepada organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan kami.

Promosi
Promosi yang akan kami lakukan yaitu selain penyebaran dari mulut ke mulut kami juga melakukan promosi dengan penyebaran brosur, flyer dan poster.

Sasaran konsumen
Sasaran pembeli kami yaitu siswa dan masyarakat sekitar.

Untuk menghadapi persaingan langkah-langkah yang kami lakukan yaitu:

  • Meningkatkan kualitas usaha kami
  • Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pembeli sehingga mereka akan datang kembali
  • Memanfaatkan moment khusus seperti pada saat penerimaan siswa baru untuk mempromosikan.
  • Menjalin kerjasama dengan panitia penerimaan siswa baru untuk memberikan informasi pembelian di toko kami dan memasang
  • iklan usaha di majalah sekolah untuk mendapatkan yang lebih luas kepada siswa baru.
  • Mengundang semua keluarga dalam pembukaan toko sehingga memberikan kesan yang baik kepada masyarakat.
  • Melakukan penataan penyimpanan barang.
  • Adapun kebijakan layanan jasa kami yaitu, Keramahan dan sopan santun penjaga toko harus diperhatikan dan di pertahankan demi menjaga kenyamanan konsumen saat membeli di toko dengan menetapkan standar pelayanan yang memuaskan untuk para pelanggan

TINJAUAN KEUANGAN

Adapun maksud pendirian usaha ini yang utama adalah untuk mendapatkan profit, serta diharapkan dapat membuka lapangan usaha kerja baru bagi orang lain. Selain itu juga dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang mungkin membutuhkan jasa fotocopy dan ATK.

Pandangan Usaha :
Usaha yang di kelola atau dikerjakan oleh sumber daya manusia yang ahli dalam bidangnya di harapkan dapat memberikan pelayanan prima untuk pelanggan. Sehingga peluang untuk tetap mempertahankan usaha ini di masa mendatang semakin besar.

Yang akan dicapai :
“ Menciptakan produk dan SDM (Sumber Daya Manusia)yang kreatif, inovatif, unik“

Biaya Awal
Modal Awal
No. Kebutuhan Jumlah Harga/Item Jumlah harga
Peralatan
1 Renovasi tempat Rp 1.000.000
2 Instalasi listrik Rp 3.000.000
3 Rak dinding 3 Rp 300.000 Rp 900.000
4 Etalase 2 Rp 600.000 Rp 1.200.000
5 Meja kayu + Kaca Rp 200.000
6 Kursi 3 Rp 25.000 Rp 75.000
7 Mesin Fotocopy 1 Rp 24.000.000
8 Mesin Laminating 1 Rp 800.000
9 Komputer 1 Rp 3.500.000
10 Printer Biasa BW 1 Rp 600.000
11 Printer Biasa Berwarna 1 Rp 600.000
12 Printer Laser BW 1 Rp 800.000
Rp 36.675.000
Perlengkapan
13 Tinta printer 1 Rp 150.000 Rp 150.000
14 Kertas A5 5 Rp 35.000 Rp 175.000
15 Kertas F4 5 Rp 35.000 Rp 175.000
16 Kertas A4 5 Rp 35.000 Rp 175.000
17 Kertas A3 2 Rp 35.000 Rp 70.000
18 Pemotong kertas 1 Rp 5.000.000 Rp 5.000.000
19 Stapler Besar + isi 1 Rp 700.000 Rp 700.000
20 Stapler Sedang + isi 1 Rp 50.000 Rp 50.000
21 Stapler Kecil + isi 2 Rp 15.000 Rp 30.000
23 Stabilizer 1 Rp 500.000
24 Terminal (5 slot) 3 Rp 25.000 Rp 75.000
25 Bubuk Tinta kopi 3 Rp 90.000 Rp 270.000
25 Plaster/ Lakban 10 Rp 7.000 Rp 70.000
26 Kertas mika 7 warna 1 Rp 50.000
27 Penggaris besi 2 Rp 7.500 Rp 15.000

28 Kwitansi 3 Rp 2.000 Rp 6.000
29 Buku Besar Rp 15.000
30 kalkulator 1 Rp 50.000
31 Bolpoint 2 Rp 2.000 Rp 4.000
32 Publikasi Rp 1.000.000
33 Alat Tulis Kantor Rp 8.000.000
Rp 16.580.000
Total Rp 53.255.000

Peralatan tersebut mengalami penyusutan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp. 1000,- bila menggunakan metode penyusutan dengan garis lurus. Biaya Penyusustan = (Rp. 36.675.000 – Rp. 1000) : 4 = Rp. 9.168.500 /tahun atau Rp. 764.042 /Bulan.

Sarana dan Prasarana

Sewa Bangunan Pertahun = Rp. 8.500.000

Utilitas/sarana
Utilitas Total Biaya
Pemasangan instalasi listrik Rp. 3.000.000
TOTAL Rp. 3.000.000

Mesin dan Peralatan
No. Nama Mesin dan Jumlah Merek Total (Rp)
Peralatan
1 Komputer 1 Rp 3.500.000
2 Printer biasa BW 1 Epson i255 Rp 600.000
3 Printer biasa berwarna 1 Epson i255 Rp 600.000
4 Printer laser BW 1 Hewlet- Packard Rp 800.000
5 Mesin Fotocopy 1 Canon IR5000 Rp 24.000.000
6 Mesin Laminating 1 Rp 800.000
TOTAL Rp 30.300.000

Bahan Baku dan Pembantu
Bahan Baku utama dan bahan pembantu yang diperlukan sesuai dengan Rencana Produksi Tahun 1 :

No. Bahan baku & Jumlah Harga Total
Pembantu
1 Kertas Fotocopy + Print 180 rim Rp 35.000 Rp 6.300.000
2 Tunner 12 Rp 90.000 Rp 1.080.000
3 Tinta Printer 12 Rp 150.000 Rp 1.800.000
4 ATK Rp 24.000.000
TOTAL Rp 33.180.000

Biaya Umum Pabrik
Jenis biaya umum pabrik/Bln Total
1 Depresiasi Rp 400.000
2 Pengembangan Rp 100.000
3 Perawatan Rp 100.000
4 Listrik Rp 500.000
Total Rp 1.100.000 = Rp. 13.200.000/thn

Sumber-sumber Pembiayaan
Total Pembiayaan Produk= Rp. 64.755.000

Modal Sendiri = Rp. 20.000.000

Pinjaman dari keluarga tanpa bunga = Rp. 15.000.000

Pinjaman yang diajukan ke Bank dengan bunga 12%/Tahun= Rp. 30.000.000

Jangka Waktu Pengembalian = 1 tahun (tergantung kesepakat)

Asumsi Penjualan Selama Tahun Pertama
Biaya operasional/Bulan
Macam Quantitas Biaya
Listrik Rp 500.000
Tinta 3 Rp 450.000
Kertas 15 rim Rp 525.000
serbuk Kopi 1 Rp 90.000
ATK Rp 2.000.000
Gaji Pegawai 3 Rp 2.600.000
Total Rp 6.165.000
Biaya non-operasional/ Bulan
Macam Quantitas Biaya
Depresiasi Rp 400.000
Perawatan Rp 100.000
Pengembangan Rp 100.000
Total Rp 600.000
Total Keseluruhan Biaya = Rp. 6.765.000

Estimasi pemasukan

Keuntungan/ Hari
Macam Quantitas Harga/Qnt Income
Fotocopy
Fotocopy 500 Rp 150 Rp 75.000
Jilid 10 Rp 2.500 Rp 25.000
Laminating 5 Rp 2.000 Rp 10.000
Rp 110.000
Printer
Hitam putih 100 Rp 300 Rp 30.000
Warna 50 Rp 700 Rp 35.000
Rp 65.000
ATK Rp 200.000
TOTAL Rp 375.000
Keuntungan/ Bulan
Fotocopy Rp 135.000 Rp 4.050.000
Printer Rp 65.000 Rp 1.950.000
ATK Rp 200.000 Rp 6.000.000
TOTAL Rp 12.000.000

Laba/Rugi Bersih = Pendapatan – Biaya

= Rp. 12.000.000 – Rp. 6.765.000

= Rp. 5.235.000/bln

Analisis Break-Even point
Break-Even Point = Biaya investasi : Laba Bersih

= Rp. 53.255.000 / Rp. 5.235.000

= Rp. 10,2 Bulan

Catatan Untuk Laporan Keuangan

7. Proyeksi Cash Flow Untuk Tahun 1 dan 2
RENCANA LAPORAN ARUS KAS (Dalam Ribuan Rupiah)
STARpen
TAHUN Ke-1
KETERANGAN BULAN
Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des
A. PENERIMAAN
1. Pendapatan Rp 10,000 Rp 10,000 Rp 12,000 Rp 12,000 Rp 12,000 Rp 10,000 Rp 13,000 Rp 12,000 Rp 12,000 Rp 12,000 Rp 12,000 Rp 10,000
2. Pinjaman Rp 15,000 Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp –
Sub Total Penerimaan Rp 25,000 Rp 10,000 Rp 12,000 Rp 12,000 Rp 12,000 Rp 10,000 Rp 13,000 Rp 12,000 Rp 12,000 Rp 12,000 Rp 12,000 Rp 10,000
B. PENGELUARAN
1. Investasi Rp 65,000 Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp –
2. Bahan Baku & Pembantu Rp 2,750 Rp 2,750 Rp 2,750 Rp 2,750 Rp 2,750 Rp 2,000 Rp 2,750 Rp 2,750 Rp 2,750 Rp 2,750 Rp 2,750 Rp 2,000
3. Gaji Pimpinan Rp 1,000 Rp 1,000 Rp 1,000 Rp 1,000 Rp 1,000 Rp 1,000 Rp 1,000 Rp 1,000 Rp 1,000 Rp 1,000 Rp 1,000 Rp 1,000
4. Gaji Staff Rp 1,600 Rp 1,600 Rp 1,600 Rp 1,600 Rp 1,600 Rp 1,600 Rp 1,600 Rp 1,600 Rp 1,600 Rp 1,600 Rp 1,600 Rp 1,600
5. Biaya Pemeliharaan Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100
6. Biaya Pemasaran Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100 Rp 100
7. Listrik Rp 500 Rp 500 Rp 500 Rp 500 Rp 500 Rp 500 Rp 500 Rp 500 Rp 500 Rp 500 Rp 500 Rp 500
8. Angsuran Pokok Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp 2,500 Rp 2,500 Rp 2,500 Rp 2,500 Rp 2,500
9. Biaya Bunga Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp 300 Rp 300 Rp 300 Rp 300 Rp 300
10. Biaya Pajak Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp – Rp –
Sub Total Pengeluaran Rp 71,050 Rp 6,050 Rp 6,050 Rp 6,050 Rp 6,050 Rp 5,300 Rp 6,050 Rp 8,850 Rp 8,850 Rp 8,850 Rp 8,850 Rp 8,100
C. SELISIH KAS Rp (46,050) Rp 3,950 Rp 5,950 Rp 5,950 Rp 5,950 Rp 4,700 Rp 6,950 Rp 3,150 Rp 3,150 Rp 3,150 Rp 3,150 Rp 1,900
D. SALDO KAS AWAL Rp 65,000 Rp 18,950 Rp 22,900 Rp 28,850 Rp 34,800 Rp 40,750 Rp 45,450 Rp 52,400 Rp 55,550 Rp 58,700 Rp 61,850 Rp 65,000
E. SALDO KAS AKHIR Rp 18,950 Rp 22,900 Rp 28,850 Rp 34,800 Rp 40,750 Rp 45,450 Rp 52,400 Rp 55,550 Rp 58,700 Rp 61,850 Rp 65,000 Rp 66,900
RENCANA ARUS KAS 2015-2016
STARpen
KETERANGAN TAHUN
Ke-1 Ke-2
A. PENERIMAAN
1. Pendapatan Rp 137.000 Rp 153.000
2. Pinjaman Rp 15.000 Rp –
Sub Total Penerimaan Rp 152.000 Rp 153.000
B. PENGELUARAN
1. Investasi Rp 65.000 Rp –
2. Bahan Baku & Pembantu Rp 31.500 Rp 41.000
3. Gaji Pimpinan Rp 12.000 Rp 12.000
4. Gaji Staff Rp 19.200 Rp 19.200
5. Biaya Pemeliharaan Rp 1.200 Rp 1.200
6. Biaya Pemasaran Rp 1.200 Rp 1.200
7. Listrik Rp 6.000 Rp 6.000
8. Angsuran Pokok Rp 12.500 Rp 17.500
9. Biaya Bunga Rp 1.500 Rp 2.100
10. Biaya Pajak Rp – Rp –
Sub Total Pengeluaran Rp 150.100 Rp 100.200
C. SELISIH KAS Rp 1.900 Rp 52.800
D. SALDO KAS AWAL Rp 65.000 Rp 66.900
E. SALDO KAS AKHIR Rp 66.900 Rp 119.700

Laporan Pendapatan (Akhir Tahun) Untuk Tahun 1 dan 2
PENDAPATAN (AKHIR TAHUN) 2015-2016
STARpen
KETERANGAN TAHUN
2015 2016
A. PENDAPATAN Rp 137.000.000 Rp 153.000.000
B. BIAYA PRODUKSI
1. Bahan baku dan penolong Rp 31.500.000 Rp 41.000.000
2.Tenaga kerja produksi Rp 31.200.000 Rp 31.200.000
3. Biaya Umum Pabrik Rp 13.200.000 Rp 13.200.000
Total Biaya Produksi Rp 75.900.000 Rp 85.400.000
C. BIAYA USAHA
1. Biaya Administrasi Umum Rp – Rp –
2. Biaya Pemasaran Rp 1.200.000 Rp 1.200.000
3. Biaya Penyusustan Rp 9.168.500 Rp 9.168.500
Total Biaya Usaha Rp 10.368.500 Rp 10.368.500
D. TOTAL BIAYA USAHA (B+C) Rp 86.268.500 Rp 95.768.500
G. LABA SEBELUM PAJAK (A-B) Rp 50.731.500 Rp 57.231.500
H. PAJAK Rp – Rp –
I. LABA BERSIH Rp 50.731.500 Rp 57.231.500

Neraca Keuangan (Akhir Tahun) untuk Tahun 1 dan 2
LAPORAN NERACA (AKHIR TAHUN 1 & 2)
STARpen
KETERANGAN TAHUN
Ke-1 Ke-2
AKTIVA
A. AKTIVA LANCAR
1. Kas Rp 65.000.000 Rp 68.400.000
2. Persediaan:
-Bahan baku & Pembantu Rp 31.500.000 Rp 41.000.000
-Barang Jadi Rp 24.000.000 Rp 24.000.000
Total Aktiva Lancar Rp 120.500.000 Rp 133.400.000
B. AKTIVA TETAP
1. Sewa Bangunan Rp 8.500.000 Rp 8.500.000
2. Peralatan Rp 30.300.000 Rp –
3. Penyusustan Rp 9.168.500 Rp 9.168.500
Total aktiva Tetap Rp 47.968.500 Rp 17.668.500
Total Aktiva (A+B) Rp 168.468.500 Rp 151.068.500
PASIVA
C. HUTANG Rp 15.000.000 Rp –
D. PINJAMAN Rp 30.000.000 Rp –
E. MODAL
1. Modal(investasi) Rp 65.000.000 Rp –
2. Laba Rp 50.731.500 Rp 57.231.500
Total Modal Rp 115.731.500 Rp 57.231.500
Total Pasiva (C+D+E) Rp 160.731.500 Rp 57.231.500
Alasan Proyeksi Tahun Ke-2
Tahun Ke-2 Pendapatan akan naik karena bertambahnya jumlah pelanggan yang membutuhkan jasa Fotocopy & ATK Yang lengkap serta sudah adanya kesetiaan pelanggan kepada usaha kami atas pelayanan dan mutu produk yang kami tawarkan dan sudah banyak pelanggan yang akan mengetahui keberadaan usaha kami.

Dengan bertambahnya jumlah pelanggan otomatis jumlah bahan baku , peralatan serta biaya produksi juga ikut bertambah sehingga biaya yang dikeluarkan di tahun ke-2 akan meningkat dari biaya pengeluaran di tahun ke-1.

ORGANISASI
Bentuk Usaha
Jenis Usaha
Nama organisasi : Alat Tulis kantor (ATK) & Jasa Foto Copy “STARpen”
Jenis Organisasi : Alat Kantor & Percetakan
Pemilik : ANUGRAH
Alamat : Jl. Ahmad yani Km 272 Kec. Alla Kab. Enrekang
Tlp : ( 031 ) 71444328
Tanggal Registrasi : 8 Maret 2013

Nama Resmi :” STARpen”

Peran/Bantuan Teknis/Mitra
Kami mempekerjakan seorang akuntan utuk menangani berbagai kegiatan keuangan rutin, seperti gaji, penagihan, dan pembelian. Untuk pemasokan produk dilakukan dengan menggunakan sistem e-commerce. Sebagai penunjang media promosi sistem yang di bangun akan berintegrasi dengan situs jejaring sosial seperti facebookdan Twitter.

Obligasi Hukum
Dibutuhkan izin untuk beroperasi atau menjalankan usaha disuatu tempat. Maka dari itu, kami mendatangi gedung Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan Hak Asasi Manusia (HAM) untuk mendapatkan surat izin beroperasi tersebut.

Kemudian,persyaratan pajak yang telah mendapat kesepakatan bersama antara lain ; pajak dikenakan secara umum dan merata berdasarkan undang-undang, biaya yang digunakan untuk memungut pajak tidak lebih besar dari hasil pemungutan pajak, serta pemungutan pajak harus sederhana, artinya mudah dipahami oleh wajib pajak sehingga yang dikenakan pajak tersebut dapat menghitung sendiri kewajiban pajaknya terkhusus pada kami yang menjalankan usaha sepatu lukis ini.

Asuransi
Toko kami mendapat asuransi, dimana asuransi tersebut menjamin :

Kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap.
Santunan atas gangguan operasional usaha.
Kehilangan uang.
Kerugian akibat pengangkutan barang.
Asuransi kecelakaan diri selam jam kerja
Biaya pengobatan akibat kecelakaan
Perbankan
Bank BRI Syariah adalah lembaga keuangan yang kami pilih karena bank ini menganut sistem syariah yang sesuai dengan kaidah Islam. Kredit syariah bisa diartikan sebagai kredit atau pinjaman yang diberikan kepada konsumen dalam hal ini nasabah untuk melakukan akad jual beli yang dengan sistem pembayaran diangsur dengan waktu terbatas yang telah ditentukan oleh lembaga syariah dan telah disepakati bersama.

Syarat kredit yang ditetapkan lembaga keuangan syariah sesuai dengan ketentuan syariah dan berlaku untuk semua kalangan baik itu perorangan, institusi, perusahaan atau khalayak ramai yang telah memenuhi persyaratan untuk mengajukan kredit syariah.

PELAKSANAAN
Pendirian Fisik
Usaha yang kami geluti didirikan di :
Lokasi dekat dengan Kawasan pendidikan antara lain Sekolah Menengah Kejuruan, MTs, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Dasar dan Taman kanak-kanak.
Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.
Kami dapat menemukan pelanggan disekitar kawasan toko yang kami dirikan. Target pelanggan sepatu lukis yaitu semua kalangan baik tua maupun muda. Baik dari tingkat ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah ke atas. Namun produk ini lebih diutamakan untuk kalangan remaja, akan tetapi target
untuk pelanggan orang tua lebih mengarah pada pembeli untuk anak-anak mereka bukan sebagai konsumen.

Lokasi dari toko kami sangat strategis karena berada disekitar tempat/kawasan yang dikerumuni oleh orang-orang khususnya para remaja. Layaknya toko yang memiliki kualitas yang baik, kami menyediakan tempat parkir khusus untuk pengendara mobil ataupun motor. Kami juga tidak memungut biaya dari pemarkir.

STARpen adalah sebuah perusahaan bergerak di bidang jasa fotocopy dan Aalat Tulis Kantor (ATK), print, penjilidan, dan semua yang berhubungan dengan pekerjaan kantor. STARpenmemiliki lokasi yang cukup strategis yang dekat dengan konsumennya yaitu dekat dengan daerah pendidikan (kampus maupun sekolah) dan perkantoran, sehingga dalam menjalankan bisnis ini mudah mendapatkan income secara maksimal. Dan menyebabkan aliran cashflow-ini berjalan lancar.

Pencapaian keberhasilan perusahaan STARpentelah dihitung dan dirancang secara matang sehingga dapat dipastikan usaha ini akan berkembang dan memberikan keuntungan bagi para investor. Konsep perusahaan STARpensangat berpeluang bagi keberhasilannya, meskipun status saat ini perusahaan STARpenmasih dalam proses dan bangunan sewa dengan masa sewa 1 tahun.

Kebutuhan perangkat-perangkat pendukung dalam proses belajar mengajar, seperti buku, alat tulis dan komponen pendukung lainnya yang masih minim di daerah ini mengakibatkan peserta didik dan pengajar rela menempuh jarak puluhan kilometer untuk mendapatkan barang-barang yang mereka butuhkan untuk mendukng proses belajar mengajar.

Maka dari itu, kami melihat ini sebagai peluang yang cukup menggiurkan untuk mendirikan usaha percetakan dan pusat ATK. Tempat rencana usaha kami merupakan jantung pendidikan dan belum terdapat satu pun tempat percetakan, fotocopy dan ATK. Di wilayah ini terdapat kantor desa, kampus, SD, SMP dan SMK yang dimana akses percetakan, fotocopy merupakan kebutuhan utama.

Perlengkapan dan Sistem Komunikasi
Perlengkapan yang akan kami butuhkan antara lain

Peralatan dan Perlengkapan
1. Rak dinding
2. Etalase
3. Meja kayu + Kaca
4. Kursi
5. Mesin Fotocopy
6. Mesin Laminating
7. Komputer
8. Printer Biasa BW
9. Printer Biasa Berwarna
10. Printer Laser BW

Jenis sistem komunikasi yang kami punya adalah telepon, e-mail, dan sellular. Kami juga membuat brosur, pamflet, dan website untuk memperkenalkan Usaha Fotocopy & ATK kami.

Jam-Jam Beroperasi
Layanan yang kami berikandiantaranyaadalah

1) Jam kerja 07:00 s/d 23:00 jam.

2) Pelayanandarikaryawan kami yang memuaskanpelanggan.

3) Ruanganber-AC.

4) Menjual ATK yang lebihlengkapdaritempat lain.

Kami menggunakan aturan jam kerja hari senin s/d minggu dari jam 07:00 s/d 23:00. Waktu istirahat setelah adanya waktu luang yang melewati dari jam kerja.

Waktu sebelum buka toko dan tutup toko akan digunakan untuk memproses orderan dan permintaan client yang lain.
Tidak ada hari yang ditentukan untuk bertemu dengan klien. Kami akan mengadakan meeting sesuai dengan kesepakatan. Setiap hari kami juga akan melayani pesanan baik di toko maupun di situs jejaring sosial kami, begitu pula dalam mengerjakan tugas-tugas administrasi.
Produksi/Pengolahan
Sebagai pemilik, kami juga terlibat dalam memproduksi produk kami.Dalam hal fasislitas, nantinya dalam pelaksanaan usaha produk sangatlah penting. Dalam hal ini ada beberapa fasilitas yang dibutuhkan dalam proses pelaksanaan usaha seperti computer, printer, foto copy, lemari kaca, dan peralatan ATK penunjang lainnya. Karena ini merupakn usaha jasa, maka dalam proses pelaksanan usaha lebih memberatkan pada aspek layanan konsumen dari segi harga dan perlakuan pelanggan ketika dalam proses transakasi di tempat usaha kami.

Pemasok dan Syarat
Kami memiliki supplier/pemasok penting untuk mendapatkan Bahan Baku Fotocopy dan ATK di Tabiung Kios Jl Emi Saelan 12 Enrekang 91711 Sulawesi Selatan. Sebagai perjanjian pokok, artinya perjanjian kredit merupakan sesuatu yang menentukan batal atau tidak batalnya perjanjian lain yang mengikutinya, misalnya perjanjian pengikatan jaminan, sebagai alat bukti mengenai batasan-batasan hak dan kewajiban di antara kreditur dan debitur, juga sebagai alat untuk melakukan monitoring kredit. Jenis persyaratan kredit yang telah kami tetapkan adalah perjanjian kredit yang dibuat dibawah tangan dinamakan akta di bawah tangan artinya perjanjian pemberian kredit oleh bank kepada nasabahnya yang hanya dibuat diantara mereka (kreditur dan debitur) tanpa notaris.

Pengawasan Inventaris
Inventaris ada untuk memungkinkan perusahaan memenuhi kebutuhan nasabah. Inventaris biasanya juga ada untuk memperlancar arus barang melalui proses produksi khususnya bagi pusat pekerjaan yang mempunyai ketergantungan.

Alasan utama kehadirannya adalah perlindungan terhadap ketidakpastian pemasok. Keberadaan inventaris juga memungkinkan pemanfaatan realistis dan sebesar-besarnya dari perlengkapan dan tenaga kerja.

Ada dua kelompok biaya yang terkait dengan inventaris – (1) biaya untuk menyimpan inventaris, dan (2) biaya untuk tidak menyimpan inventaris.

Biaya untuk menyimpan inventaris mencakup biaya unit bahan; biaya pemesanan atau pemesanan ulang; dan biaya penyimpanan.

Bilamana perusahaan menghasilkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat produk, biaya pemesanan ulang diganti dengan biaya penyiapan mesin atau melakukan perubahan kegiatan.
Biaya penyimpanan pada umumnya mencakup biaya gudang, asuransi kebakaran dan pencurian, serta administrasi gudang.
Biaya tidak berwujud yang berkaitan dengan penyimpanan inventaris adalah kerugian peluang yang berhubungan dengan investasi dalam inventaris yang kalau tidak bisa dikeluarkan untuk usaha yang lebih menguntungkan.
Biaya untuk tidak menyimpan inventaris terutama terkait dengan kehilangan goodwill dan hilangnya pendapatan sekiranya terjadi kekurangan inventaris belum lagi adanya kemungkinan menyebarnya kejadian seperti itu ke para calon nasabah.

Ada dua sistem perencanaan inventaris mendasar – (1) model pesanan dalam jumlah yang tetap, dan (2) model berdasarkan waktu yang tetap.

Kebijakan inventaris perusahaan yang menggunakan Model Pesanan dalam Jumlah Tetap adalah dengan memesan kuantitas standar kalau titik untuk pemesanan ulang tercapai tanpa menghiraukan kapan ini terjadi. Ini dipicu kejadian dan bergantung kepada permintaan atas barang-barang tersebut. Model ini dapat diterapkan untuk:

Barang-barang yang lebih mahal
Barang-barang yang lebih penting
Model Waktu Tetap adalah sistem perencanaan inventaris yang lain di mana kebijakan inventaris adalah untuk memesan bahan atau suku cadang pada waktu yang telah ditentukan tanpa menghiraukan apakah titik pemesanan ulang telah tercapai. Kebijakan ini dipicu oleh waktu dan tidak melibatkan penghitungan fisik barang inventaris. Model ini berlaku berdasarkan kondisi sebagai berikut:

Barang-barang yang tidak begitu mahal dan tidak begitu penting
Vendor/pembeli bisa mendapatkan pesanan baru jika mereka melakukan kunjungan teratur/rutin ke para nasabah.
Vendor/pembeli akan menggabungkan pesanan untuk mengurangi biaya pemesanan dan pengangkutan.
Karena sistem tersebut dipicu oleh waktu, maka maka dibutuhkan jumlah persediaan diatas rata-rata untuk melindungi diri dari kehabisan persediaan selama masa peninjauan.

Sistem Pengendalian Inventaris dirancang untuk memantau tingkat inventaris dan merancang sistem dan prosedur bagi pengelolaan inventaris secara efektif. Dalam pengadaan sistem untuk mengelola inventaris, ada dua wilayah keputusan penting – (1) penggolongan inventaris dan (2) ketepatan pencatatan inventaris

Kami memiliki karyawan untuk membantu menjalankan usaha Fotocopy da ATK kami dengan upah perbulan setiap tanggal 1. Masing-masing dari kami memiliki tugas. seorang akuntan, dan karyawan. Deskripsi dari tugas tersebut lengkap di lampiran.

Sistem Pencatatan
Kami melacak jaringan kami, prospek, dan klien,dan sebagainya dengan menggunakan sistem e-commerce. Kami mempekerjakan seorang akuntan untuk menjaga pembukuan dan keuangan. Jenis akunting yang akan kami miliki adalah Akuntan intern yaitu pegawai dari perusahaan yang diperiksa. Tugas pokok akuntan intern adalah menentukan apakah kebijakan dan prosedur yang ditetapkan manajemen teras telah dipatuhi, menentukan baik tidaknya penjagaan terhadap kekayaan perusahaan, menentukan efisiensi dan efektifitas prosedur kegiatan organisasi, menentukan dapat dipercaya tidaknya informasi yang dihasilkan bagian-bagian dalam perusahaan, serta merekomendasikan perbaikan kegiatan operasi.

RENCANA AKSI STRATEGIS
Tinjauan Kegiatan
Hal pertama yang perlu di lakukan yaitu memilih lokasi usaha yang strategis. Karena Anda menjual alat tulis kantor/sekolah, maka lokasi yang paling potensial adalah di sekitar sekolah, kampus, perkantoran, di daerah pusat perbelanjaan, atau di wilayah pemukiman warga yang ramai di lalui orang.
Melakukan survey untuk mencari tahu produk alat tulis kantor/sekolah apa saja yang banyak dibutuhkan konsumen. Misalnya saja seperti pulpen, pensil, buku tulis, kertas, penghapus, tipe-x, dll. Selanjutnya prioritaskan untuk membeli produk-produk atk yang paling dibutuhkan, agar barang dagangan atk Anda dapat terjual dengan mudah dan cepat.
Pilihlah tempat belanja seperti kulakan atau grosir alat tulis kantor (seperti Pasar Pagi Mangga Dua) yang menawarkan produk berkualitas dengan harga cukup miring. Hal ini sangatlah penting, karena Anda dapat menjual kembali alat tulis tersebut dengan harga yang bersaing dan lebih murah dari kompetitor bisnis anda.
Siapkan segala peralatan dan perlengkapan toko yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha jualan atk ini. Gunakan etalase dan beberapa rak untuk men-display barang dagangan Anda, dengan begitu akan memudahkan orang-orang melihat produk alat tulis kantor/sekolah yang ditawarkan.
Jaga kepercayaan konsumen dengan menawarkan produk atk yang berkualitas dan memberikan pelayanan prima kepada setiap konsumen Anda.
Melakukan Promosi terhadap Barang dan usaha Yang di tawarkan.
Jangan anggap remeh calon pembeli pembeli anda. Kadang penampilan butut dari sang pembeli sering diremehkan oleh penjual, padahal dia sedang mencari barang di toko atk anda dan siap membelanjakan uangnya dalam jumlah besar.

Bagan
Jenis Kegiatan Pra-Operasi Jadwal Pelaksanaan Biaya
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Pra-Operasional
1. Survey Pasar Rp 100.000
2. menyususn Rencana Usaha Rp 200.000
3. Mengurus Perijinan
4. Survey Tempat Usaha Rp 100.000
5. Survey Mesin & Peralatan Rp 20.000
6. Instalasi Listrik Rp 3.000.000
7. Mencari Tenaga Kerja Rp –
8. Uji coba Produksi Rp 200.000
9. Operasional Rp 65.000.000

KESIMPULAN
Ringkasan/Tujuan
Dari kesimpulan yang dapat di ambil, usaha yang di rintis ini layak untuk di lakukan mengingat kita sebagai mahasiswa membutuhkan banyak pengalaman dalam dunia usaha kerja, dan usaha ini salah satu solusi terbaik untuk para mahasiswa dalam usaha terjun dalam dunia usaha.

Sehingga saat lulus nanti tidak perlu lagi kesulitan dalam mencari pekerjaan jika pada dasarnya sudah mendapat pengalaman dalam dunia uasaha. Selain itu juga dengan cara seperti ini secara tidak langsung kita membantun pemerintah dalam rangka mengurangi jumlah pengangguran yang ada saat ini. Oleh karena itu usaha jenis ini sangat cocok untuk di kembangkan dan bagus untuk usaha bagi para pemula.

Visi Kedepan
Menjadi perusahaan besar yang terpandang, menguntungkan dan memiliki peran dominan dalam bisnis Jasa fotocopy & ATK dan semoga dapat membantu pemerintah dalam rangka mengurangi jumlah pengangguran yang ada saat ini.

LAMPIRAN
Daftar isi
Dokumentasi
Contoh Kerja
Contoh Alat Usaha
Mesin dan Peralatan
No. Nama Mesin dan Jumlah Merek Total (Rp)
Peralatan
1 Komputer 1 Rp 3.500.000
2 Printer biasa BW 1 Epson i255 Rp 600.000
3 Printer biasa berwarna 1 Epson i255 Rp 600.000
4 Printer laser BW 1 Hewlet- Packard Rp 800.000
5 Mesin Fotocopy 1 Canon IR5000 Rp 24.000.000
6 Mesin Laminating 1 Rp 800.000
Rp 30.300.000

Riset Pasar
Kepegawaian
No. Jenis Kegiatan Uraian Tugas Gaji
Tarif/Unit Total (Rp)/Thn
1 Manager Mengatur dan mengawasi seluruh karyawan Rp 1.000.000 Rp 12.000.000
serta memanage barang yang masuk, dll.
2 Karyawan Melayani pelanggan Rp 800.000 Rp 9.600.000
3 Kasir Melayani proses pembayaran Rp 800.000 Rp 9.600.000
Rp 2.600.000 Rp 31.200.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *