Ada Desa Mau Dijual 97,5 Triliun. Mau…

Ada Desa Mau Dijual 97,5 Juta. Mau...
Ada Desa Mau Dijual 97,5 Juta. Mau...

Sebuah desa yang dibangun pada abad-18 di Swedia, Sastra Brunn, boleh dimiliki oleh siapapun uang bersedia membayar seharga tujuh juta dolar AS atau setara dengan Rp 97,5 juta.

Menyadur News.com.au, Senin (8/6/2020), Sastra Brunn yang terletak di Vastmandland, sekitar 90 menit dari Stockholm, mulanya merupakan sebuah kompleks resor wisata kesehatan dengan program andalan spa.

Luas desa mencapai 70 hektar dengan lebih dari 70 bangunan. Tak ubahnya sebuah desa pada umumnya, kawasan ini memiliki berbagai infrastruktur dan fasilitas seperti gereja, sekolah, hotel, hingga pabrik air minum dengan mata air lokal.

Alasan mengapa desa ini dijual adalah karena para penduduk lokalnya membutuhkan calon pemimpin baru yang siap mengambil alih desa. Disebutkan, mereka mencari orang dengan “jiwa petualang dan kaya”.

Pihak dari agen Real Estat Internasional Christie, Jonas Martinsson mengatakan warga lokal merasa sudah saatnya mencari pemimpin baru, mengingat usia mereka yang telah berumur.

Sebelumnya, desa ini ini dibeli oleh pemiliknya sekarang sejak 1990 dan sejak saat itu, dibentuklah kelompok berjumlah 15 orang yang terdiri dari penduduk setempat untuk memelihara Sastra Brunn.

Kelompok ini juga membangun sejumlah progtam acara dan menggelar perayaan rutin, salah satunya pesta musim panas tahunan yang menarik sekitar enam ribu pengunjung.

“(Pemilik saat ini) menghabiskan banyak waktu di sini, tetapi apa yang mereka lakukan adalah menyiapkan kemungkinan adanya pemilik baru yang siap membawa perubahan,” ujar Martinsson.

Martinsson juga menambahkan desa ini memiliki hotel, restoran, pusat konferensi, spa dengan kolam renang, gym, dan sauna, hingga fasilitas prasekolah uang mendidik 40 anak-anak dari penduduk setempat.

Sumber : Suara.Com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *